Piala Dunia sebelum Perang Dunia II

Diposting pada

Live Streaming Bola – Estadio Centenario, wilayah penyelenggaraan final Piala Dunia pertama pada tahun 1930 diMontevideo, Uruguay
Didorong oleh kesuksesan turnamen sepak bola Olimpiade, FIFA, yang dipimpin oleh Presiden Jules Rimet, jadi melacak kesempatan untuk menyelenggarakan turnamen sepak bola internasional yang terpisah berasal dari Olimpiade. Pada 28 Mei 1928, Kongres FIFA di Amsterdam menentukan bakal menggelar kejuaraan dunia sendiri. Karena Uruguay adalah pemegang dua kali gelar kejuaraan sepak bola dunia pada kala itu, dan termasuk di dalam rangka memperingati seratus tahun kemerdekaan mereka pada tahun 1930, FIFA menentukan Uruguay sebagai negara tuan rumah turnamen Piala Dunia pertama.

Asosiasi sepak bola nasional berasal dari negara-negara terpilih diundang untuk mengirimkan tim, tapi pemilihan Uruguay sebagai tuan rumah kompetisi sebabkan tim Eropa kudu melakukan perjalanan panjang dan berbiaya mahal menyeberangi Samudera Atlantik untuk capai Uruguay. Oleh sebab itu, tidak satupun negara Eropa yang berjanji untuk mengirimkan tim, apalagi dua bulan menjelang kompetisi dimulai. Rimet selanjutnya membujuk tim Belgia, Perancis, Rumania, dan Yugoslavia untuk berangkat ke Uruguay. Pada akhirnya, kompetisi ini diikuti oleh tiga belas negara; tujuh berasal dari Amerika Selatan, empat berasal dari Eropa, dan dua berasal dari Amerika Utara.

Dua pertandingan Piala Dunia pertama terjadi di dalam kala yang seiring pada tanggal 13 Juli 1930, pertandingan ini dimenangkan oleh Perancis dan Amerika Serikat, yang masing-masingnya mengalahkan Meksiko4–1 dan Belgia 3–0. Gol pertama di dalam histori Piala Dunia dicetak oleh Lucien Laurent berasal dari Perancis. Pada babak final, Uruguay mengalahkan Argentina dengan skor 4–2 di depan kerumunan 93.000 penonton diMontevideo, dan dengan demikianlah jadi negara pertama yang menjuarai Piala Dunia.

Setelah penyelenggaraan Piala Dunia, Olimpiade Musim Panas 1932 yang digelar di Los Angeles tidak memiliki rencana untuk sertakan sepak bola sebagai bagian berasal dari pertandingan Olimpiade sebab rendahnya popularitas cabang olahraga selanjutnya di Amerika Serikat, yang disebabkan oleh makin lama meningkatnya popularitas sepak bola Amerika (sepak bola disebut soccer di Amerika). FIFA dan Komite Olimpiade Internasional termasuk tidak sepaham tentang status pemain amatir, dan alhasil, sepak bola disingkirkan berasal dari program Olimpiade. Sepak bola lagi dipertandingkan di dalam Olimpiade Musim Panas 1936, meskipun kala itu dibayang-bayangi oleh ajang Piala Dunia yang lebih bergengsi.

Masalah-masalah yang dihadapi di dalam penyelenggaraan turnamen Piala Dunia awal adalah ada masalah untuk melakukan perjalanan antarbenua, serta peperangan. Beberapa tim Amerika Selatan tidak bersedia berangkat ke Eropa untuk ikuti turnamen 1934 dan 1938, dan salah satu tim Amerika Selatan yang berkompetisi pada ke dua ajang selanjutnya sekedar Brasil. Piala Dunia 1942 dan 1946, yang rencananya bakal digelar di Jerman Nazi dan Brasil, dibatalkan sebab pecahnya Perang Dunia II.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *