Tips Dan Trik Membuat Laporan Keuangan Tanpa Bantuan Konsultan Accounting

Diposting pada

Dalam tiap tiap perusahaan biasanya menuntut seorang akuntan yang mampu menyusun laporan secara akurat. Dalam perusahaan-perusahaan besar biasanya masih menyangsikan seorang akutan didalam pendataan laporan keuangan. Oleh dikarenakan itu biasanya perusahaan melakukan pemeriksaan lagi bersama memanfaatkan jasa konsultan accounting. Laporan keuangan merupakan rekapan informasi keuangan suatu perusahaan didalam periode khusus untuk sadar kinerja sebuah perusahaan berikut sehat atau tidak.

Dibawah ini merupakan langkah-langkah didalam sebabkan laporan keuangan:

1. Langkah pertama kita kudu mengumpulkan data transaksi.

2. Langkah yang ke dua yaitu menganalisa. Dalam analisa jurnal terkandung 2 tahapan yaitu:
• Akun yang terlibat didalam transaksi
• Bertambah atau berkurangnya akun

3. Dalam cara ini kita kudu memilah dan mengelompokan akun-akun yang udah tersedia.

4. Membuat laporan keuangan.

Membuat laporan keuangan terdiri dari data-data yang lengkap seperti laporan neraca, laba/rugi, pergantian modal dan laporan arus khas. Laporan neraca merupakan laporan yang menunjukan posisi keuangan pada periode tertentu, komponen dari laporan ini yaitu Aktiva, Passiva, dan Modal.
Dalam cara ke-3 dan ke-4 dibagi jadi 3 peroses. Diantaranya yaitu pembuatan jurnal, buku besar pembantu, dan laporan keuangan.

Dalam pembuatan buku besar pembantu ini merupakan proses pengelompokan transaksi kemasing-masing account yang ada. Tujuan buku besar pembantu ini yaitu sehingga transaksi mampu dikelompokan bersama rapi. Laporan pertama kali yang disusun yaitu laporan laba/rugi. Laporan laba dan rugi punya komponen-komponen yaitu komponen pendataan, harga pokok, dan komponen biaya.

Rata-rata pembuatan laporan membutuhkan waktu yang lumayan lumayan lama, lebih kurang kurang lebih satu bulan. Oleh dikarenakan itu waktu ini banyak perusahaan-perusahaan yang membuat Software akuntansi  yang sebabkan laporan keuangan bersama baik dan akurat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *