POSISIGELANDANG (MIDFIELDERS)

Diposting pada

Yalla Shoot – Gelandang atau midfielders merupakan pemain yang menghubungkan antara pemain serang dan pemain bertahan: mereka membawa bola hingga ke depan saat melakukan serangan dan menghambat serangan lawan hingga ke area pertahanan. Secara simple gelandang adalah saluran yang menghubungkan lini depan (penyerang /striker) bersama lini belakang (defenders).

Tanpa lini sedang yang solid, terlampau susah untuk untuk melakukan serangan dan mencetak goal, tetapi kecuali bertahan resikonya adalah rentan terhadap serangan lawan. Berikut ini merupakan bermacam type gelandang dan peran yang mereka lakukan.

Gelandang Bertahan/Defending-Midfielder (DM)

Gelandang bertahan atau defending-midfielderditempatkan hanya di depan garis pertahanan. Tanggung jawabnya adalah untuk menghambat bola meraih garis pertahanan. Dia kudu trampil di dalam memotong serangan lawan, merebut bola, dan memposisikan diri secara strategis. Claude Makelele dan Dunga adalah dua gelandang bertahan yang terkenal terhadap masanya.

Gelandang Tengah/Center-Midfielder (CM)

Seperti namanya, gelandang sedang adalah gelandang yang ditempatkan di sedang lapangan. Salah satu tugas berasal dari gelandang sedang yaitu: menciptakan kesempatan bagi striker dan menghentikan serangan lawan. Memiliki stamina yang tinggi, kekuatan teknis, dan tanpa henti kerja keras adalah cii-ciri berasal dari type gelandang ini. Legenda hidup Liverpool, Steven Gerrard, merupakan gelandang sedang paling baik terhadap jamannya.

Gelandang Serang/Playmaker/Attacking-Midfielder (AM)

Gelandang serang adalah pemain lini sedang yang handal terutama di dalam perihal menyerang. Umumnya pemain bersama posisi ini punya kekuatan pemeriksaan bola yang terlampau baik dan teknik penguasaan bola yang mumpuni. Seorang playmakermenempati posisi yang serupa sebagai gelandang serang, tapi melakukan peran yang berbeda.

Pemain bersama posisi ini diakui sebagai otak berasal dari sebuah tim, pemain paling trampil di dalam mengakibatkan pola serangan serta mendistribusikan bola. Seorang playmaker kudu mampu mengakibatkan keputusan yang baik. Umumnya playmaker kenakan no jersey 10. Beberapa playmaker terkenal di jagad sepak bola seperti Mesut Ozil, Zinedine Zidane, Juan Riquelme dan lain sebagainya.

Gelandang Sayap/Winger (LW, RW)

Pemain sayap atau winger memainkan peran yang serupa sebagai gelandang serang, tapi ia berfokus melakukan serangan berasal dari sisi lapangan (baik kanan maupun kiri). Posisi ini kerap dipakai di dalam formasi 4-3-3 layaknya dan 4-5-1. Sejak pemain sayap kerap memainkan antara lini sedang dan garis ofensif, ia terkadang diklasifikasikan sebagai penyerang.

Seorang pemain yang duduki posisi ini kudu cepat, punya kemampuan dribblingyang terlampau baik, dan akurat di dalam lewat lawan. Seorang winger modern umumnya fleksibel, serta mampu menyerang berasal dari sedang lapangan, kadang saat mampu alih peran penyerang. Ryan Giggs dan Garrincha adalah dua contoh winger yang pernah ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *