Sejarah Terciptanya Bola, Apa yang Orang Mainkan Sebelum Bola?

Diposting pada

Yalla Shoot – Sepak bola adalah olah raga paling populer di planet ini dan menjadikan Piala Duniasebagai keliru satu pesta olah raga paling mutlak di dunia.

Pabrikan penyedia perlengkapan olah raga, Adidas, udah menjadi penyedia bola formal bagi piala dunia sejak th. 1970 di Meksiko. Tetapi sebelum akan itu, apa yang orang mainkan?

Di Final Piala Dunia pertama th. 1930 yang mempertemukan tuan rumah Uruguay dan Brazil, dua bola yang berbeda digunakan dalam dua babak pertandingan dikarenakan kedua finalis itu memaksa memanfaatkan bola masing-masing. Sejak pas itu negara penyelenggara diperkenankan sediakan bola.

Pada awalannya bola terbentuk berasal dari 12 panel lalu di Final Piala Dunia 1954 bola yang terdiri berasal dari 18 panel menjadi digunakan, dan beragam tipe bola menjadi digunakan hingga th. 1966.

Pengembangan bola sepanjang berapa dekade terus berlangsung berkat usaha para ahli yang terus mencoba menciptakan bola yang sempurna.

Era Adidas dimulai di Meksiko 40 th. yang lalu dan itu adalah jaman untuk pertama kalinya dalam sejarah bola diberi nama.

‘Telstar’, bola yang digunakan di Piala Dunia Meksiko 1970, terdiri berasal dari 32 panel kulit khusus dan menjadikannya patokan di jaman itu.

Baca Juga:Tak Banyak yang Tahu, Sony Ternyata Berawal Dari Penanak Nasi
Siapa Sangka, Si Raja Kungfu Bruce Lee Ternyata Takut Kecoa

Setelah ‘Telstar’, hadir ‘Durlast’ lalu ‘Tango’ yang udah jauh berkembang di th. 1978 yang sesudah itu menjadikannya patokan bola-bola yang digunakan di lima Piala Dunia berikutnya.

‘Tango Espana’ yang digunakan pada th. 1982 merupakan cikal bakal bola sintetis. Tetap memanfaatkan bahan kulit, bola itu udah disempurnakan dengan lapisan polyurethane yang tahan airdan menjadikannya anak kandung jaman ‘high tech’.

‘Azteca, ‘Etrusco’, dan ‘Questra’ adalah tiga bola yang mengadopsi teknologi itu.

‘Tricolore’ di Piala Dunia Perancis 1998 adalah bola berwarna pertama yang digunakan.

‘Fevernova’ dan ‘+Teamgeist’ yang masing-masing digunakan pada Piala Dunia tahun 2002 dan 2006 adalah bukti revolusi dalam teknologi pembuatan bola dikarenakan membuahkan bola yang lebih bulat, akurat, dan tahan lama.

Sementara pada piala dunia 2010 dan 2014, teknologi yang diciptakan untuk pengembangan bola semakin canggih, bola yang yang digunakan jauh lebih stabil dan akurat berasal dari produk-produk sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *